Selasa, 12 Februari 2013

Pesantren Rakyat al-Amin Semakin Maju bersama POSDAYA


Pesantren Rakyat al-Amin Semakin Maju bersama POSDAYA

Dalam rangka memantau perkembangan posdaya yang sudah dibinanya, LPM (lembaga pengabdian kepada masyarakat) melakukan kunjungan ke Posdaya Pesantren Rakyat Al-Amin di Sumber Pucung. Kunjungan yang dilaksanakan hari Jumat, 15 April 2011 kemarin bukan hanya sekedar melihat perkembangan Posdaya Pesantren Rakyat saja, namun juga dilakukan dialog interaktif antara pengasuh Posdaya Pesantren Rakyat Al-Amin, ketua LPM UIN Maliki Malang dengan beberapa tamu kunjungan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan masyarakat Sumber Pucung.
Dialog interaktif berjalan dengan efektif dan sukses. Tamu kunjungan dari berbagai perguruan tinggi mulai dari UNMER Malang, STAI Al-Qolam Malang, UNY Jogjakarta, UM Pekanbaru Riau dan beberapa perguruan tinggi lainnya mengikuti dialog interaktif dan menanyakan kiat-kiat mengembangkan Pesantren Rakyat Al-Amin.
Dialog yang sebenarnya dihadiri langsung oleh  Pr. Dr. Haryono Suyono, ketua yayasan Damandiri Jakarta berjalan dengan sukses, meskipun beliau tidak hadir karena berhalangan. Dalam dialog tersebut Abdullah Syam sebagai pengasuh Pesantren Rakyat Al-Amin menjelaskan  banyak sekali perubahan yang didapatkan antara sebelum dilakukan posdaya dengan sesudah dilakukan posdaya yang langsung didampingi LPM UIN Maliki Malang.
Beberapa perubahan tersebut bukan hanya terkait dengan penguasaan skill ekonomi, namun masih banyak lagi perubahan yang lainnya. Diantaranya, networking yang semakin luas, SDM semakin meningkat baik secara kuantitas maupun secra kualitas, membangun pusat komunikasi dan informasi, pengembangan dibidang ekonomi seperti ternak jangkrik, ternak kambing, menanami lahan kosong dan lain sebagainya.  Selanjutnya, setelah dialog interaktif selesai para tamu melakukan kunjungan ke beberapa tempat yang sudah dikembangkan oleh Pesantren Rakyat, diantaranya tempat ternak kambing, tempat ternak jangkrik, tempat pelestarian lahan kosong dan tempat lainnya.  Ini adalah sebagian kemajuan yang dicapai Pesantren Rakyat al-Amin bersama POSDAYA. (if)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar